Cacing-cacing Cendekiawan

Lama menghilang, hampir 2 tahun.

Ya terhitung terakhir bertemu semester 3 lalu sekarang di tingkat akhir, SEMESTER 7! Kangen? Kaget? Atau bahkan muak?

Be a gentleman bro, kenangan lama yang ketemu lagi ngga boleh dicuekin lhoo…

For me its okay, tapi gimana dengan temen-temen gue yang lain? 

—————————————————————————————————————–

Oke, semua berawal dari kuliah Warehousing pagi ini, imaginasi kita sudah melalang buana ke gudang-gudang logistik, gudang kargo, hotel bintang 5 bagi segala jenis barang dari FMCG, minyak pelumnas, obat-obat, hingga cairan kimia atau bahkan sekedar biji plastik. Sebagian yang lain mungkin sudah berimaginasi tentang adu balap dan adu drift forklift  dalam menyodok memutar dan mengantarkan pallet-pallet berisi barang-barang baik yang hanya singgah sementara, menginap 1-3 malam atau bahkan terlupakan di tengah Alley rack-rack pencakar langit-langit gudang.

Tapi semua imaginasi tadi berubah dalam 5 detik. Saat slide inventory berganti menjadi materi Kebijakan Inventory. Saat rumus-rumus akhir nan manis berteriak “breakdown kami hey para calon engineer!”

Saat sebuah istilah Safety stock  menampakkan wujud aslinya yang selama ini bercelana chino, berkaos oblong dan sneakers diinjek menjadi rapih, pake blazer putih, sepatu pantofel, kaca mata minus 3 dan nyisipin pensil di telinga kanan dan kalkulator di telinga kiri.

Yah, segala kemudahan rumus-rumus yang ada selama ini membuat kita lupa. Bahwa seorang sarjana harus bisa menganalisis semua hal yang ada di depannya, termasuk RUMUS! Dan ketika hal itu tidak terjadi dalam 1-2 tahun, 2-3 semester, beginilah yang terjadi.

Kami sepenjuru kelas melongo melihat cacing-cacing integral menari goyang cessar di rumus-rumus Inventory.

Kenyataan yang pahit. Kami golongan cendekiawan tapi kaget, kejang dan berlagak ndeso menghadapi seekor hingga tiga ekor cacing yang biasa kita ajak main waktu tingkat dasar dulu. Kenyataan yang pahit juga, kalo kita yang dulu dengan cekatan bisa menaik-turunkan rumus dengan leyeh-leyeh sekarang kaget gara-gara lama putus hubungan.

Sepertinya ini saatnya kita menyalakan kembali otak kita yang mayan lama tertidur karena dongeng rumus cepat dan instan di buku fotocopian.

– GTX Laboratory 25 Sept 2013

dhika yg lagi bengong nonton cacing goyang cessar bareng rumus-rumus inventory

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s