Setahun Terakhir Ini

Wah, akhirnya sedikit bisa bernafas lega nih, semester 2 yang penuh sama mata kuliah neraka udah berakhir, rekruitasi dan proyek-proyek di lab udah agak reda, kepanitiaan sama organisasi cuma tinggal mbikin lembar pertanggung jawaban.

Dan, taraaaa, liburan semester selama 3 bulan didepan mata..

Eh eh, setelah saya pikir lagi, ternyata udah setahun saya jadi seorang mahasiswa Institut Teknologi Telkom. ngga nyangka juga sih bisa masuk kesini, cuma bermula iseng lantaran mimpi masa keci, ikut SMBB Telkom dan diterima di pilihan ketiga T.Industri. apesnya, semua UM PTN yang saya seriusi belajar sampai bimbel bahkan menyepi di Bintaro ngga ada satu pun yang masuk.. hahahaha

snmptn? usm stan? apalagi… cuma ngluyur lewat doang, padahal usaha saya udah ngos-ngosan..

Yaudahlah akhirnya saya cuma bisa bilang ke bapak saya “Pa, dhika ngga lolos UM UGM, ngga lolos SIMAK UI, ngga lolos SNMPTN sama USM STAN. dhika ngulang taun depan aja yah..” Namun bapak saya melarang, ngga tau juga tuh kenapa, beliau cuma bilang “bukannya kamu keterima di Telkom? kenapa ngga diambil?”. “mahal Pa..” jawabku.. “halah, masalah uang semesteran biar papa aja yang ngurus, papa pengen kamu kuliah tahun ini, daripada nunda-nunda tahun depan yang ga jelas kamu masih niat atau ngga”. Yah, emang haru saya akui, saya tuh orangnya angin-anginan, kadang sepoi-sepoi, kadang badai, kadang masuk angin.

Akhirnya, berangkat ke bandung dengan sejuta harapan

.bisa mbuktiin ke Bapak kalo saya bisa berprestasi di Telkom

.bisa mbuktiin ke PTN2 yang menolak saya waktu jaman2 UM&SNMPTN kalo saya juga bisa berhasil di PTS (hehehe)

.bisa iseng2 nyari bisnisan kecil-kecilan di bandung.

Dan ga kerasa, satu tahun berlalu.. Masih inget dulu waktu makan sengaja dibatesin sehari 2x, sekali makan max 5000 biar irit sampe akhir bulan (maklum kiriman cuma 700k dan buat hidup dibandung udah sesak nafas tuh). Masih inget juga pas tiap pagi lari-lari ngambil dagangan buat dijual di kampus dan kadang pernah juga rugi sampe ratusan ribu. Pernah juga COD ngambil dagangan sampe ujan-ujan ternyata vendornya batal.. Sempet juga on line sampai jam 3 pagi di kampus demi ngerjain tugas plus laporan biar selesai paginya buat rekruitasi aslab.

Dan alhamdulillah, sekarang udah agak santean dikit, udah jadi aslab (ilmu jadi super duper di paksa akselerasi, proyek juga mulai mengalir), dagangan udah ada yang mulai mesen partai besar (tinggal kontrol produksi doang, ngga perlu tiap hari nyari order atau bahkan jualan di kampu tiap hari lagi), uang jajan bulanan pun sekarang alhamdulillah udah mulai ke back up sama cipratan-cipratan proyek.. Dan, ngga nyangka juga masih di taun pertama udah dikasih kesempatan maju ke UGM buat babak final kemarin.

Yah walaupun nilai semester ini lagi turun gunung, tapi pengalaman semester satu sama dua ini bener-bener luar biasa.

mungkin ini yang diinginkan Bapak setaun lalu, biar walaupun saya kuliah di PTS, saya mulai belajar hidup, belajar tanggung jawab sama diri sendiri.

Dan tau ngga? beberapa impian yang saya tulis di tembok kamar saya ternyata ada beberapa yang terpenuhi..

.IP diatas 3,5 (pas semester 1 diatas itu)

.masuk jadi tim riset salah satu lab di IT Telkom (semester 1 saya masuk jadi tim riset lab Tekno Ekonomi spesialisasi desain produk)

.jadi aslab (semester 2 saya diterima di Lab Gambar Teknik)

.bisa naik podium di lomba skala nasional (alhamdulillah, awal juni kemarin tim saya tembus grand final lomba perancangan produk & eregonomi Chronics 2011, dan kami dapet the best team on marketing chalenge).

itu cuma beberapa mimpi yang sempat terpenuhi dalam satu tahun ini.

Alhamdulillah..

memang benar, Allah SWT selalu memberikan apa yang terbaik bagi kita (bukan cuma apa yang kita inginkan).

so, jangan hanya merasa sedih, patah semangat bahkan galau saat kita ngga dapet apa yang kita mau,, karena Allah pasti sudah meraencanakan beberapa skenario terbaik buat hidup kita nantinya..

so, stop waiting your destiny, chase your dream and you will see what Allah SWT has design for us.

– Bandung, di sudut kamar kostan, 17 Juni 2011

Adhi Putra Mahardika

Ngga sengaja nemuin note ini di facebook saya, sedikit terharu inget perjuangan masa-masa awal kuliah di kota seribu mimpi dan sejuta keringat ini. Semoga semuanya tetap berjalan dengan semestinya, di jalan yang di ridloi-NYA. Semoga beberapa mimpi dan harapan bisa diwujudkan di tahun 2012 ini. Amiiin.

Leave a Reply

