Hujan turun rintik-rintik mewarnai perjalanan pulang dari cimahi sore itu. mobil yang saya kendarai bersama teman-teman sepulang dari ‘”layat” membelah jalanan kota cimahi. Saat tiba di suatu kompleks sekolahan, salah satu teman saya berceloteh “wah, bunga (bukan nama sebenarnya) pengen jadi anak sma lagi euy”. “Emang kenapa?”, tanya kembang(bukan nama sebenarnya [lagi]). “Yaa asik aja, kemana-mana bebas, ga ada beban, ga ada tugas gambar teknik, ga ada algoritma pemrogaman yang bikin pusing, ga ada si cacing-cacing integral khas kalkulus”, jawabnya..
Saya hanya tesenyum simpul saat itu.. memang benar, masa sma adalah salah satu masa terindah. Saat dunia belum menunjukan taring tajamnya kekita. saat dunia masih menganggap kita anak yang masih ‘perlu’ di beri toleransi. Masa dimana kita masih bisa melocat tanpa beban “besok apa yg harus sy lakukan untuk tetap survive”
Yah, masa smaku memang lumayan asik, bertemu dengan banyak makhluk aneh, sistem sekolah yang ‘lebih mirip’ kuliah ketimbang sma pada umumnya, dan guru-guru yang super eksentrik.

pulang malem, mbolos, nyontek (dari skala lokal kelas sampai global).
ikutan demo walaupun cuma ikut teriak-teriak ga jelas,
nongkrong di depan sekolah atau balkot sampai di usir halus sama yang jualan.
lari dikejar-kejar wakasek kesiswaan waktu mbolos upacara demi sesuap lengko kanyut nan lezat,
Dari partai hore, trio cubung sampai gsu..
hmmm.. banyak kekonyolan masa sma yang terasa manis sekarang ini.

Yya, kata orang, masa sma itu identik dngan cinta??
hmmm.. mungkin, meski datang di tahun akhir, namun,,, yaa, cukup manis sensasinya. Tiap malam smsan, telfon-telfonan, berduaan di pohon di pinggir jalan menunggu angkot datang, Berantem, baikan, putus, nyambung lagi… Lucu, tapi manis..Sekarang kisah ini lanjut ke episode LDR..Makin unikkah?? (edit: sekarang udah putus)

Sma itu identik dengan tongkrong-tongkrong ga jelasnya..
yap. mungkin karena kita ga punya tujuan yang jelas saat itu.. yang penting rame-rame, kemanapun okelah!! Balai kota lama, angkring bang wanto, rumah firda, kantin sekolah, bu urip, studio 19 menjadi tempat pelarian sejenak dari segala kelabilan kami. Ngapain?? Ga tau.. Ga jelas,sepertinya memang tidak ada hal penting yang dihasilkan dari semua perbuatan kita saat itu. Hanya ada satu hal yang kami hasilkan: KENANGAN. Ya, sebuah kenangan manis yang mungkin tak kan terlupa, yang tak akan bisa dibuat untuk kedua kalinya dalam hidup, karena sensasi kebebasan hanya terasa saat kita memakai seragam putih abu-abu,,

Satu lagi, masa sma adalah waktunya bermimpi. Sadar atau ngga sadar, langkah kita selanjutnya dimulai dari masa ‘jahiliyah’ ini. Banyak yang mengaggap kuliah adalah dasar dari kehidupan yang sebenarnya. Namun, setelah saya rasa, sepertinya sudah agak terlambat jika kita mulai bermimpi setelah kuliah. tugas seabrek, padatnya jadwal, serta berbagai tanggung jawab lain membuat kita hanya bisa mengejar mimpi, bukan membuat mimpi.

Terima kasih untuk Ibu Susi, yang telah mengajarkan kita bermimpi. alhamdulillah semua mimpi yang kami pasang di dinding kelas waktu itu, hampir sepenuhnya terwujud. Alhamdulillah.

Hujan sudah mulai reda di langit bandung, Tak terasa mobil yang saya naiki berbelok keluar dari pintu tol buah batu menuju lingkungan kampus it telkom. Yap perjuangan hidup di mulai kembali.

Masa sma sudah saya lewati dengan tuntas, dengan hasil yang manis,
sekarang saatnya mulai mengejar mimpi yang telah saya gambar sejak masa sma dahulu…

Perjalanan Cimahi – Bandung, 21 oktober 2010

Adhi Putra Mahardika

Salah satu note paling memorable yang saya tulis di facebook. Ditulis ditengah perjalanan Cimahi – Bandung, ditengah hujan deras sore hari. Banyak temen-temen SMA dulu yang sampai akhirnya janjian ketemuan gara-gara note yang bikin kangen masa putih abu-abu dulu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s