Hmmm, ngga kerasa udah hampir satu tahun saya hidup di bawah bendera lab GTX. Dimulai dari perjuangan mati-matian dalam proses rekruitasi asisten 2010/2011 selama beberapa minggu, akhirnya saya diterima untuk turut berkarya di lab ini. Bentar, mungkin pada belum tahu apa itu lab GTX? iya kan? Lab GTX merupakan istilah umum anak industri Telkom menyebut Lab Gambar Teknik dan Studio Desain. Di lab ini, aktifitasnya macem-macem, tapi ngga pernah jauh-jauh dari masalah desain, terutama buat kepentingan dunia industri. Emang ndesain apa aja? Banyak, dari yang serius Gambar Teknik dan aturan-aturan standarnya yang sering dipake dalam dunia manufaktur, desain-desain ilustrasi, bikin interface web, multimedia sampai desain perancangan tata-letak infrastruktur telekomunikasi LTE yang lagi dikembangkan di kota-kota besar. Lab GTX ambil bagian di sana sini, bahkan dalam perancangan produk-produk prototipe, asisten lab ini jagonya. Alhamdulillah setelah berjuang dalam proses rekruitasi yang lumayan bikin kepala jadi kaki, kaki jadi kepala, saya bisa ambil bagian dari kesibukan lab ini.

Dan, akhirnya satu tahun berlalu, sudah saatnya regenerasi, mencari bibit-bibit muda untuk menggantikan tugas-tugas asisten senior yang sudah tinggal menghitung hari menuju ke akhir masa kuliahnya. Poster pengumuman pun ditempel, flyer disebar, spanduk dibentangkan, bendera dikibarkan, dan adzan dikumandangkan (eh salah, isyanya udah lewat dari tadi). Sebanyak 44 orang calon asisten mendaftar di proses rekruitasi tahun ini. lebih banyak 10 orang dibanding tahun lalu. Setelah first meeting dan pemberian tugas liburan, ternyata hanya 18 orang yang memang berniat lanjut, sisanya? rontok di sebelum jalan.

And here we go, rrecruitment process has begun!Β  Dimulai dari tugas pemanasan, mendesainname tagdan buku curhat. Sebenarnya sih ngga begitu susah tugas ini, cukup ikuti aja aturan baku dari tim asisten, beres deh! Lha desainnya gimana?

for me, designing is like draw your reflection on a canvas of photoshop or other software. all thing you have to do is be your self, let your creativity out!

Desainnya ya udah, sekreatifnya kita aja. Kalo misalnya bikin buku dengan metode lembarannya dibuka dengan cara diputar bisa, dan ngga biasa. Kenapa ngga?kadang sisi kreatif keluar dari hal-hal ngga lumrah lho!

But, setelah tugas pemanasan ini dikumpulkan banyak calon asisten tahun ini yang ngga memenuhi syarat tugas, banyak desain yang terlihat sekadarnya saja, cuma cari gambar pemandangan terus dijadiin background.Β  Hmmmm, okelah, mungkin jiwa dia selalu dekat dengan alam, makanya ndesain background pake gambar pemandangan.πŸ˜€ *positive thinking.Β  Tugas selanjutnya keluar… Drafting selama 2 hari berturut-turut. Dari isometri, proyeksi sampai gambar assembly. Dan, ngga ada satupun yang benar. *kecewa berat.Β  Ntah, gimana laju proses rekruitasi ini nantinya kalo melihat kualitas calon asisten tahun ini.

Dahulu sampai sekarang, dari jaman rekruitasi dulu sampai saat udah jadi asisten sekarang, proses rekruitasi merupakan kawah Candradimukabuat menggodok kesiapan, ketrampilan dan tanggung jawab saya dan semua asisten lab hingga kita siap meneruskan amanah, membagikan ilmu, mengabdikan kemampuan untuk kemajuan lab dan fakultas. Dan kawah ini tak akan berhenti menggodok calon asisten sampai mereka siap menjalankan tugas mereka nantinya.

And tonight, I think reqruitmen process this year will take a long, long time. Hufff

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s