Bus Goodwill dan Cerita di Dalamnya

Oke, perjalanan Bandung-Tegal pun kembali harus ditempuh. Jarak sejauh 280km-an yang memisahkan kehidupan rumah dengan perantauan mesti dilibas. Dan disetiap perjalanan yang saya tempuh, berbagai cerita muncul sebagai pelengkap perjalanan demi “memperbaiki masa depan” ini.

Sebenarnya ada sekitar 4 PO bus yang melayani rute Tegal-Bandung PP. Dari mulai Sahabat yang kadang awak busnya kurang bersahabat, Baik (belum pernah naik), Sangkurian-Bhineka yang lemoootnya minta ampun (bayangin masa Tegal-Cirebon ditempuh dalam 3 jam!), dan favorit saya, Goodwill. Bus Goodwill ini beda banget dengan bus ekonomi lainnya. Ya, meskipun ekonomi – yang secara konotasi kecepatannya yang alon-alon asal kelakon, panas (ngga pake AC), banyak pengamen dan pedagang asongan, dan gaya mengemudi supirnya yang ugal-ugalan- tapi bis Goodwill ini konotasi itu hampir tidak berlaku. Bis ini lewat setiap sekitar 1 jam sekali dari jam 7 pagi sampai jam 11 siang di jalan Pantura. Kecepatannya pun setara dengan bis-bis malam eksekutif, rata-rata 80 km/jam, belum pernah ngetem (dari pengalaman saya), pengamennya sedikit, asongan pun paling hanya penjaja tahu sumedang dan beberapa penjual minuman selepas tol Palimanan. Dan, yang paling keren, bis ini selalu lewat tol (ngga peduli penumpangnya banyak atau sedikit). belum pernah kan liat bis ekonomi lewat tol? Ya cuma si Goodwill ini.

Naik, bis ekonomi seperti Goodwill juga bisa memunculkan cerita baru. Dari seisi bis yang kencing di pinggir jalan secara rombongan, pengamen yang nyanyi lagu-lagu rohani, keluarga besar yang kadang berantem sendiri diatas bis, eksekutif muda yang mau berangkat kerja di Bandung, mahasiswa seperti saya, sampai perkenalan dengan mahasiswi-mahasiswi Unpad yang pulang dari PKL.

Semua terjadi di atas bis ekonomi ini, cerita di dalam bis Goodwill.

 

24 thoughts on “Bus Goodwill dan Cerita di Dalamnya

  1. Bis ini bis bumel ya bro ??
    Tegal – Bandung Rp.30.000,-
    Saya kalau naik dari Tegal yang pagi, kalau dari Bandung yang jam 9 malam
    Kalau berangkat ke Bandung suka pakai bis Goodwill yang bagian kaca depan ada Tasbih Besar
    πŸ™‚

    • Bis bumel tuh apaan yah? baru denger uy istilah ini. hehehe
      iya, Tegal-Bandung Rp 30.000 doang, cukup murah buat bis tercepat ke arah Bandung.
      Oh, I see, sekarang bis itu trayeknya dari Tegal jam 8 pagi tiap harinya.

  2. [Tanya juragan..]
    Awal bulan maret rencana mau ke bandung, kebetulan nih nyari2 ada postingan agan. kayaknya recomended busnya. Untuk bus goodwill, kalo dari tegal naiknya dari mana juragan? terminal tegal?
    Satu lagi, waktu keberangkatan dari tegal cuma dari jam 7-11 aja atau sampai malam ?
    Terima kasih, mohon pencerahannya.
    Salam sejatinipun seduluran.

    • Tegalnya dimana yah? Kalo Tegal selatan aka Slawi bisa naik di jalan 2 Slawi-Tegal. Tapi kalo dari dari daerah Tegal timur aka mejasem ke timur, kudu nunggu di terminal tegal atau perempatan Maya.
      Biasanya kalo pagi emang jam 7-11, itu selalu tepat waktu, ya paling ngaret max 15 menitan lah. Kalo siang sama malamnya kadang ada yg lewat kadang ngga, jadi ngga nentu gitu jadwal lewatnya.

  3. Rencana tgl 20 Maret nih mau puLang k’Tegal,,,kira” kaLo brgKat pagi dari bandung jam brapa ya? coz Lo malem byza pulang jam yg kbrgkatannya jam 10, skarang harus pulang pagi…
    Mohon informasinya gan.
    Trimakasih

  4. bis bumel. bandung-purwokerto memang top. walau armadanya cukup tua. tapi lari manntap. bandung-purwokerto cuma memakan waktu 6jam. salut buat simerah tua. faforitku kalo pulang kebandung pake goodwill”pribumi” . walau tak ac tapi nyaman dan aman. walau,labas,pribumi,dan sawung jabo,dilepas ac tapi tetap gagah lan apik. iki nama2 armada goodwill: pribumi,labas,pamela,mr.robot,sarmento,bahari,satria,sawung jabo,kota kembang,kota ayu,walisongo,pastipas,jamsolat,Pamungkas,mega,muslim,muslimah,abad,mustika,simpati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s