[HIW]Door Locks

Siang ini, dalam perjalanan pulang dari kuliah, saya dicegat oleh tiga pemuda tanggung. Bukan usianya yang tanggung (remaja bukan, anak-anak bukan, tapi berat badannya yang tanggung). Lalu terjadilah percakapan ini.

“Kak, kakak bisa ngajarin saya bikin kunci ngga?”

“Ngga bisa dek, emang saya tukang ganda kunci??” (Anyway, saya kan mahasiswa T.Industri, bukan tukang kunci)

“Yaah..” (kecewa) “Ada asisten lain yang bisa ngga?”

“Keknya ngga ada deh, kalo mau bikin kunci mah ke tukang kunci aja, di depan Bluehouse sana..” (sambil nunjukin arah ke Bluehouse)

“Nggak kak, maksudnya nggambar kunci sama mekanisme kerjanya” (temennya ikutan ngomong)

“Wah, saya ngga paham dek, coba aja dulu ke tukang kunci depan Bluehouse, ntar tanya-tanya disana, saya ngga tahu mekanisme kerjanya”

“Udah yah, saya ada kuliah lagi” (saya pura-pura lari ke kelas, padahal mau ke warteg, makan)

—————————————————————————————————————————————————————————

Nah, ini baru aja terjadi, sekitar jam 2 an tadi. Jujur, sebagai asisten saya agak kehilangan taji karena ngga bisa njelasin apa yang ditanya praktikan. Tapi mau gimana lagi? Saya ngga tahu apa-apa (pembelaan).

Oke, akhirnya jurus andalan pun dipake, tanya ke mbah gugle sama om yutub. Dan, dapet deh beberapa video ilustrasi seperti dibawah.

Jadi dapat disimpulkan, kalo kunci, biar bisa mbuka klepnya harus sejajar. Nah, disinilah peran tukang ganda kunci, membuat kunci yang bisa mensejajarkan posisi klep di dalam kunci.

Leave a Reply

