[opini]Its our fantastic animation

Teman-teman udah pernah nonton film animasi dengan tingkat kehalusan yang aduhai? Fokus yang tajam sampai ke bagian DOF (depth of focus) serta ke pergerakan karakter yang realistis. Film yang seakan-akan terlihat sangat realistis padahal itu animasi seperti Kung fu Panda, Wall-E, Final Fantasy, serta semua film animasi dengan pengolahan khas CGI. Percaya ngga kalo pemuda Indonesia juga bisa membuat film seperti itu. Ngga percaya? Lihat ini!

 

Yup “Pada Suatu Ketika” adalah suatu prolog atau teaser film yang sedang dikerjakan oleh tim LakonAnimasi. Video teaser ini rencananya adalah Showcase mereka untuk proyek pelatihan animasi mereka yang akan dilaksanakan di Solo. Namun, ternyata ekspektasi publik terhadap teaser ini cukup tinggi, bahkan beberapa berharap video ini akan dijadikan film versi layar lebarnya. Yah, ekspektasi ini tidaklah salah bila melihat kekerenan teaser ini.

Dari segi cerita, teaser ini diawali di suatu tempat di pinggiran kota Jakarta di mana seorang kakek-kakek sedang memesan semangkok mie di sebuah warung. Kemudian tiba-tiba ada serangan mendadak dari sebuah UFO (UFO??) dan merubah semua bentuk benda metal menjadi robot, dari radio, bajaj sampai bis kopaja. Dan diakhir film, muncul polemik baru, apakah manusia akan memulai peperangan melawan alien jadi-jadian?

Dari segi teknik sinematografi, pengambilan gambar, dari proses modelling, hingga rendering dan editing video tampak sangat detail. Bahkan saya baru melihat hasil renderan yang detil sampai ke suatu objek di teaser ini. Biasanya kalo di film animasi, penggambaran background dan pergerakan selain objek utama sengaja dibuat tidak detil. Kenapa? karena untuk menghemat resource mesin rendernya. Tapi di teaser ini, semua benda, baik background hingga objek utamanya sendiri dirender sangat detil. Bahkan bagian yang fokusnya sengaja dibuat DOF pun ditampilkan dengan baik (biasanya yang seneng ginian kalo film-film dan animasi buat festifal).

Namun, beberapa gerakan masih kurang halus di beberapa scene, tapi lumayan tertutupi lah kalo orang awam yang nonton.

Sudah saatnya industri kreatif Indonesia terutama di bidang animasi sejajar dengan Pixar dan Dreamworks

Info lebih lanjut, www.lakonanimasi.com, fb: Lakon Animasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s