Wireframe VS Default VS Mental Ray VS V-ray Rendering

Malam minggu kemarin, karena ngga ada kegiatan muncullah proyek iseng-iseng ini. Awalnya hanya karena penasaran dengan yang namanya wireframe modelling. Eits, tunggu dulu! Apa itu wireframe modelling?

Wireframe modelling adalah pemodelan visual dari objek 3 dimensi dimana yang dimodelkan hanya kerangka objeknya saja. Dengan adanya model wireframe ini, pengeditan objek 3 dimensi dengan komputer menjadi lebih mudah, lebih cepat, ringan dan efisien. Contohnya saja bila pengeditan objek 3 dimensi dilakukan dengan cara biasa, komputer akan menjadi lebih berat karena CPU dan graphic card mengolah node-node baik dari rangkanya maupun dari volume dan mesh bendanya. Namun bila edit objekya dilakukan dengan wireframe model (hanya ditampilkan kerangkanya saja) beban komputer dapat menjadi lebih ringan karena yang ditampilkan dan diolah informasinya hanya rangka objeknya saja.

Nah, setelah iseng-iseng selama 1 jam, inilah hasil otak-atik permodelan wireframe yang saya hasilkan

Masih agak kasar memang, masih proses belajar🙂 hehehehe

Lalu, setelah hasil render ini keluar, muncul keisengan kedua: rendering dengan tiga render engine berbeda. Niat awalnya hanya ingin melihat hasil render terpas untuk model 3D laptop ini tapi yang terjadi malah….

Default Scanline

Mental Ray

V-Ray

Yup, dapat dilihat, hasil render ketiga render engine ini hampir sama. Padahal V-ray dan Mental ray merupakan salah satu render engine tebaik dunia, sedangkan default scanline hanya ender engine bawaan dari 3ds Max. Kemungkinan besar hal ini disebabkan karena saya tidak banyak melakukan pengaturan pada lightning dan environment pada saat bereksperiment dalam proses perenderan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s