Autodesk Inventor VS SolidWorks

Cerita ini berawal seminggu lalu, tepatnya tanggal 25 Oktober 2011. Yup di hari selasa itu, saya beserta beberapa orang rekan sesama asisten Lab Gambar Teknik dan Studio Desain diundang untuk ikut serta dalam seminar mengenai supply manufacture yang diadakan oleh fakultas dan pihak SolidWork Indonesia.  Pada dasarnya sih seminar ini merupakan demo sekaligus ajang promosi pihak Solidwork Indonesia kepada fakultas.

Dalam seminar ini, pihak SolidWork mendemonstrasikan beberapa fitur Solidwork yang lebih keren daripada Autodesk Inventor. Sebenarnya beberapa fitur itu sudah tidak asing lagi di telinga saya dan beberapa rekan asisten, seperti Stress Simulation, Dinamic Simulation, Material Selection, serta beberapa fitur-fitur lain.

Oke, langsung saja ke komparasi antar dua software desain produk (3D Mechanical Design) ini, kita mulai dulu dari kubu Autodesk dengan Autodesk Inventornya.

Autodesk Inventor

Autodesk Inventor merupakan software desain 3D mekanik besutan Autodesk. Sekarang ini, Autodesk Invetor sudah sampai pada versi terbarunya yakni versi 2012. Banyak peningkatan yang dirasa cukup keren pada versi terbaru Inventor ini, seperti instant drawing, lalu Autedesk Cloud dimana benda yang kita buat dapat di simpan dalam server autodesk pusat untuk selanjutnya dikerjakan lagi di tempat lain dan di lain waktu. Pada dasarnya Autodesk Cloud ini menggantikan fungsi Autodesk Vault (entah pada versi terbaru ini ada atau tidak) yang berfungsi sebagai data management.

Untuk fungsi lain seperti Dinamic Simulation, Stress Simulation banyak peningkatan yang ditambahkan. Yang pasti interface yang lebih canggih dan user friendly hadir di seri terbatu ini.

beberapa screenshot Autodesk Inventor 2012:

SolidWorks

SolidWorks merupakan software desain 3D mekanik yang dikembangkan oleh Dassault System SolidWorks. Jika Inventor lebih condong pada desain produk dan mekanika , SolidWorks lebih luas lagi, perhitungan material dan desain sistem produksi juga dapat dikerjakan oleh sistem ini. Hal ini disebabkan oleh pengambilalihan SolidWorks oleh Catia pada beberapa tahun silam.

Salah satu kelebihan  SolidWorks adalah fungsi Instant Drawing yang memudahkan untuk mendesain sebuah benda tanpa perlu ribet-ribet membuat sketsa lalu memberi volume.

Untuk fungsi lain seperti simulasi, menurut saya keduanya sama kuat, hanya beda tipis di beberapa sisi saja. Namun, hal yang sangat mengejutkan, SolidWorks dilengkapi render engine yang cukup mumpuni bahkan sejajar dengan V-ray pada 3Ds Max. Tentu saja karena render engine yang sangat mumpuni ini, benda yang di render oleh SolidWorks sangat mendekati detail aslinya.

Berikut ini, beberapa Screenshot SolidWorks:

Dan, akhirnya masalah software desain 3D mekanik ini, kembali kepada penggunanya masing-masing.

Bila butuh dukungan dan support file terluas, pilihlah Autodesk Inventor dengan dukungan penuh dari AutoCAD dan teman-temannya yang sudah dipakai luas di dunia industri.

Bila ingin kecepatan dan kepraktisan dalam penggunaan tanpa mengorbankan performa dan hasil akhir, SolidWorks dapat diandalkan.

20 thoughts on “Autodesk Inventor VS SolidWorks

  1. Bila butuh dukungan dan support file terluas, pilihlah Autodesk Inventor dengan dukungan penuh dari AutoCAD dan teman-temannya yang sudah dipakai luas di dunia industri.

    nah ini nih yg menohok.. saya cuma bisa SolidWorks doang. klo udah masuk dunia kerja, Who knows what software that companies uses..?
    thanks for sharing bro..🙂
    http://mahdiy.wordpress.com/

    • hehehe, keren tuh bisa SOlidWorks. Saya masih belajar banyak nih. hehehe.
      tapi setau saya beberapa perusahaan akhir-akhir ini mulai beralih ke Solidworks dengan alasan lebih praktis dan efisien.
      Ini juga yang maksa saya belajar lagi CAD versi Solidworks, hehehe

  2. mantap bang postingnya
    saya slama ini hanya pake autodesk inventor.

    bang ada gak master solidworks abang,,,???..soalnya slama ini aku aku cari di website harus di beli dari solidworks…

    • 11-12 sih,, dua-duanya punya kelebihan kekurangan masing-masing. kalo udah megang inventor, pas megang solidworks pasti kerasa ribet. gitu juga sebaliknya. cobain aja dua-duanya, terus pilih mana yg paling cocok buat kamu. *CMIIW

    • Halo mas, maaf baru bisa reply, lama mati suri nih blog.. hehehe.
      dimaafkan yaaa…

      Untuk masteran, saya rasa lebih baik beli original, atau ikut ke lab di jurusan teknik.
      Biasanya mereka provide PC atau free limited licence.

      kalau ngopi masteran, selain membajak, juga rawan corrupt.

      cheers.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s